Selasa, 09 Desember 2008

PEMBAHASAN LATIHAN SOAL A SEJARAH

Murid-muridku...Berhubung waktu untuk membahas soal tidak cukup, maka saya membahas melalui blog ini:
1. Sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun yang berarti pohon, yang kemudian berkembang menjadi akar, keturunan, asal-usul, riwayat, dan silisilah. (Jawab:D)
2. Bapak sejarawan dunia adalah Herodutus, yang menulis sejarah Perang Persia (Jawab: A)
3. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik sebab peristiwa sejarah hanya sekali terjadi, tidak ada sejarah berulang, setiap peristiwa akan berbeda dari peristiwa sebelumnya. (Jawab: D)
4. Definisi sejarah dari Ibnu Khaldun yang terdapat dalam bukunya yang berjudul Mukadimah (jawab: B)
5. Roslan Abdul Gani berpendapat rangkaian peristiwa manusia sampai sekarang adalah peritiwa yang berkelanjutan dan berkesinambungan maka hakikatnya mempelajari sejarah adalah mempelajari masa lampau untuk membangun masa depan. (Jawab: D)
6. Peristiwa sejarah unik karena hanya 1 x terjadi dan mempunyai pengaruh besar pada zamannya dan zaman berikutnya. (Jawab: C)
7. Paleontologi berasal dari kata plaios artinya tua, onto artinya kehidupan, logos artinya ilmu. Jadi, peleontologi ilmu yang mempelajari/meneliti kehidupan zaman tua. (Jawab: B)
8. Kritik intern terhadap peninggalan sejarah ditujukan pada isi dari suatu peninggalan sejarah, contoh isi prasasti, isi dokumen. (Jawab: D)
9. Empiris berasal dari Yunani "emperia" yang artinya perjalanan. Sejarah sangat bergantung pada perjalanan hidup manusia, perjalanan tersebut direkam dalam dokumen dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya. (Jawab: E)
10. Kata objek berasal dari bahasa Latin "objectus" artinya yang dihadapkan, sasaran, tujuan. Jadi, ilmu sejarah harus memiliki tujuan dan sasaran. (Jawab: C)
11. Ilmu sejarah harus mempunyai teori yang berisikan kumpulan kaidah-kaidah pokok suatu ilmu. (Jawab: C)
12. Ilmu sejarah harus memiliki metode tersendiri jika tidak didukung oleh fakta dan bukti yang kuat maka pernyataan akan ditolak, sehingga seorang peneliti sejarah harus berhati-hati dalam membuat kesimpulan. (Jawab: C)
13. Di mana seorang sejarawan dalam penelitiannya harus berpijak pada data yang diperolehnya. (Jawab: A)
14. Imajinatif dalam membayangkan bagaimana peristiwa sejarah tersebut benar terjadi, apa yang sedang terjadi, dan apa yang akan terjadi. (Jawab: B)
15. Ketepatan maksudnya kesesuaian antara fakta dan tulisan sejarah, obyektivitas artinya tidak ada pandangan individu dalam penulisan sejarah, sedangkan seni hasil imajinatif karena kalau terlalu dekat dengan seni dapat dianggap kurang obyektif. (jawab: E)
16. Peristiwa sejarah sesuai urutan waktu sebagai peristiwa sejarah terjadi tidak secara melompat-lompat urutan waktunya, peristiwa sejarah saling berkesinambungan. Penyusunan periodesasi akan mempermudah dalam mempelajari sejarah. (Jawab: E)
17. Kesadaran memandang peritiwa-peristiwa sejarah sebagai sesuatu yang terus bergerak dari masa lalu bermuara ke masa kini dan berlanjut ke masa depan. (Jawab: A)
18. Sejarah merupakan kisah nyata dengan gaya bahasa yang menarik dapat membuat asyik dan menghibur karena dapat menumbuhkan suasana hati yang menyenangkan. (Jawab: D)
19. Peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau terkait dengan kehidupan yang akan datang. (Jawab: C)
20. Konsep perubahan perkembangan hidup sejarah adanya manusia sampai sekarang, mulai dari kehidupan sederhana sampai dengan taraf hidup yang komplek, perubahan secara cepat dinamakan revolusi. (Jawab: C)
21. Negara Kertagama yang banyak mengisahkan Kerajaan Singasari dan Majapahit karya dari Mpu Prapanca. (Jawab: E)
22. Pada umumnya pelaku-pelaku peristiwa sejarah dalam memberikan informasi cenderung mebesar-besarkan peranannya pada suatu peristiwa sejarah, sehingga sejarah lisan cenderung subyektivitas. (Jawab: D)
23. Penelitian lisan hanyalah salah satu sumber yang tersedia bagi seorang sejarawan, biasanya menceritakan suatu peristiwa dari sumber pertama/saksi mata peristiwa sejarah. (Jawab: A)
24. Kelemahan penelitian lisan selain terbatasnya daya ingat pelaku atau saksi sejarah, juga akan terjadi subyektivitas yang sangat tinggi hal ini perasaan keakuan pelaku/saksi sejarah. (Jawab: C)
25. Sumber tertier didapat dari beberapa buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan penelitian akhir sejarah tanpa melakukan penelitian langsung, sehingga semakin jauh sumber sejarah dari benda aslinya. (Jawab: B)
26. Historiografi kolonial ditulis oleh sejarawan Belanda sehingga lebih mementingkan kepentingan kolonial, akan menonjolkan kepentingan Belanda, sehingga penafsiran peristiwa sejarah tentunya berbeda dengan penafsiran dari penulis sejarah nasional Indonesia. (Jawab: A)
27. Apabila seorang sejarawan datang ke perpustakaan maka disebut penelitian kepustakaan atatu penelitian dokumen, sebab memfokuskan perhatiannya pada perolehan data tertulis. (Jawab: D)
28. Cukup jelas. (Jawab: A)
29. Kritik ekstern, kritik terhadap keaslian sumber sejarah dapat dimulai dari uji ketuaan terhadap suatu peninggalan sejarah, juga dibantu oleh ilmu-ilmu lain.(Jawab: E)
30. Tipologi adalah ilmu yang menentukan ketuaan berdasarkan bentuk/tipe dari benda peninggalan sejarah. (Jawab: B)
31. Heuristik yaitu pengumpulan sumber-sumber sejarah berdasarkan sumber tulisan, lisan, dan benda. (Jawab: D)
32. Materi sejarah Hindia Belanda tentunya banya berorientasi pada kepentingan politik penjajah, dan lebih mengisahkan sejarah bangsa Belanda di Indonesia. (Jawab: C)
33. Cukup jelas. (Jawab: B)
34. Cukup jelas. (Jawab: B)
35. Salah satu contoh legenda agama, yaitu tentang Legenda Wali Songo (Jawab: A)
36. Balada dan Epos selain memiliki perbedaan, juga memilki persamaan, keduanya memiliki bentuk bahasa yang bersajak, berupa nyanyian rakyat yang bersifat kisah. (Jawab: A)
37. Cukup jelas. (Jawab: E)
38. Cukup jelas. (Jawab: C)
39. Cukup jelas. (Jawab: B)
40. Dalam historiografi modern penggunaan bahasa serta ketrampilan membaca tulisan kuno dibutuhkan guna mendapat fakta sejarah yang secermat mungkin, serta diadakan rekontruksi sebaik mungkin. (Jawab: E)

7 komentar:

Perseviam mengatakan...

Terima Kasih Bu!

yamiza mengatakan...

Waaa!!! Arigatou gozaimasu!!! :D :D

sepuluh F 2008/2009 mengatakan...

makasih bnyak ya bu

AsmanipunkulaSATRIO_an mengatakan...

Merci...merci beaucoup bu(mbak) Lisa....
ibu(mbak)perhatian bgt ama murid2nya......

dimaz mengatakan...

wah ibu paling sip deh hehe

Anonim mengatakan...

Udah jarang diupdate nih bu??

Unknown mengatakan...

Mksh bu hehe saya angkatan 2020